Senin, 29 Juni 2015

Apa Itu SEO? – Pengertian dan Dasar-dasar SEO

Pengertian SEO


Pengertian dan penjelasan SEO (search engine optimization) - Mungkin Anda sebagai blogger pemula belum mengetahui SEO. SEO memang materi yang wajib Anda pelajari. Bukan, tidak hanya dipelajari, ilmu ini harus Anda praktikkan demi tingkatkan lalu lintas ke blog Anda.

Apa itu SEO? – Pengertian SEO


Jadi apa itu SEO sebenarnya? Search engine optimization atau resminya disingkat SEO adalah serangkaian suatu usaha dengan tujuan agar situs web masuk ke halaman pencarian mesin pencari dan raih posisi yang bagus.

Bila Anda googling atau mencari sesuatu di Google, Anda akan mendapatkan daftar postingan yang berhubungan dengan kata kunci yang Anda cari. Peringkat tertinggi merupakan postingan yang telah teroptimasi dengan baik, dan berhasil menargetkan kata kunci yang telah Anda cari tadi.

Masih belum paham? Coba lihat gambar berikut dengan saksama:
Target kata kunci SEO
Kata kunci tertarget dengan tidak tertarget

Seperti yang Anda lihat pada gambar atas. Di posisi teratas, kita dapat melihat postingan tersebut ditaburi kata kunci atau keyword "resep kue lebaran", maka situs web tersebut berhasil menargetkan kata kunci yang Anda cari. Sedangkan pada urutan kedua, postingan tersebut juga mengincar kata kunci yang tadi ditelusuri, hanya saja peringkatnya belum maksimal. Dan peringkat ketiga, postingan tersebut terlihat tidak menargetkan kata kunci yang tadi penulis cari. Bisa kita lihat, tidak ada keyword "lebaran" pada postingan tersebut. Oleh sebab itu peringkatnya kurang memuaskan.

Lalu apakah SEO hanya sebatas itu? Tidak juga. Menargetkan kata kunci merupakan faktor pertama agar situs masuk halaman mesin telusur yang baik. Perlu diketahui, Google menilai lebih dari 200 faktor SEO, namun semuanya tidak mesti Anda pelajari karena beberapa tidak terlalu dibutuhkan.

Manfaat melakukan SEO

Sebelumnya saya telah berulang kali mengucapkan bahwa SEO itu penting. Tetapi, sebetulnya apa saja sih keuntungan-keuntungan yang kita peroleh setelah menerapkan teknik SEO dengan benar? Simak pembahasannya berikut ini!

1. Meningkatkan lalu lintas (traffic) ke situs Anda

Mungkin ini merupakan tujuan utama blogger-blogger dalam menerapkan SEO pada situs webnya. Semakin baik peringkat kita di halaman pencarian Google, maka semakin banyak pula kunjungan yang diperoleh situs kita. Tidak dimungkiri lagi, kunjungan yang melijit merupakan dambaan tiap blogger.

Traffic sendiri bisa bersumber dari mana saja, misalnya dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, LinkedIn, dan lain sebagainya. Namun demikian, kunjungan yang berkualitas didapat melalui searching di mesin pencari. Dengan adanya pengunjung berkualitas ini, Google akan berikan perhatian lebih terhadap situs Anda.

2. Meningkatkan penjualan

Salah satu kunci kesuksesan BukaLapak, Lazada, Tokopedia, OLX, dan situs e-commerse "raksasa" lainnya adalah peringkatnya yang baik di mesin pencari. Dari hasil riset, sekitar 60% orang yang berkunjung di keempat situs tersebut berasal dari mesin pencari. Tak heran mengapa mereka bisa menjual ratusan atau bahkan ribuan produk tiap harinya.

3. Situs web Anda terlihat lebih profesional

Karena kita telah berhasil mengunci target, maka situs kita akan dianggap profesional. Situs yang dianggap profesional memungkinkan Anda menerima pelanggan baru ke situs Anda. Mendapat banyak tawaran bisnis, dan postingan-postingan di situs Anda akan lebih banyak di-share oleh pengunjung. Pada akhirnya, situs Anda akan memberi pemasokan lebih ke "dompet" Anda.

4. Situs Anda akan lebih dipercaya

Keuntungan lain menggunakan teknik SEO adalah meningkatkan kepercayaan pengguna. Misalnya, Anda memiliki situs web jasa SEO, ternyata situs web tersebut masuk ke halaman pertama Google, tentu saja pengunjung akan semakin percaya dengan jasa yang Anda tawarkan.

Lebih lengkap mengenai manfaat SEO, silakan baca postingan berikut:


Sekilas sejarah SEO

Webmaster dan penyedia konten mulai mengoptimalkan situs untuk mesin pencari di pertengahan 1990-an, sebagai mesin pencari pertama katalogisasi Web awal. Awalnya, semua webmaster harus lakukan adalah untuk mengirimkan alamat halaman, atau URL, untuk berbagai mesin yang akan mengirim "spider" untuk "crawl" halaman tersebut, ekstrak link ke halaman lain dari itu, dan kembali informasi yang ditemukan di halaman yang akan diindeks. Proses ini melibatkan spider mesin pencari men-download halaman dan menyimpannya di server mesin pencari sendiri, dimana program kedua, dikenal sebagai indexer, ekstrak berbagai informasi tentang halaman, seperti kata-kata mengandung dan mana ini berada, serta berat badan untuk kata-kata tertentu, dan semua link halaman tersebut berisi, yang kemudian ditempatkan ke scheduler untuk meng-crawl di kemudian hari.

Pemilik situs mulai mengakui nilai dari memiliki situs mereka tinggi dan terlihat dalam hasil mesin pencari, menciptakan kesempatan untuk kedua topi putih dan hitam praktisi SEO topi. Menurut analis industri Danny Sullivan, istilah "search engine optimization" mungkin mulai digunakan pada tahun 1997. Sullivan credits Bruce Tanah Liat sebagai salah satu orang pertama yang mempopulerkan istilah tersebut. Pada tanggal 2 Mei 2007, Jason Gambert berusaha untuk merek dagang istilah SEO dengan meyakinkan Kantor Merek di Arizona SEO yang merupakan "proses" yang melibatkan manipulasi kata kunci, dan bukan "layanan pemasaran."

Versi awal algoritma pencarian didasarkan pada informasi-webmaster yang disediakan seperti meta tag kata kunci, atau file indeks dalam mesin seperti ALIWEB. Meta tag menyediakan panduan untuk konten setiap halaman. Menggunakan meta data ke halaman indeks ditemukan kurang dari diandalkan, namun, karena pilihan webmaster kata kunci dalam meta tag berpotensi menjadi representasi akurat dari konten yang sebenarnya situs. Akurat, tidak lengkap, dan tidak konsisten data dalam meta tag bisa dan tidak menyebabkan halaman untuk peringkat untuk pencarian yang tidak relevan [meragukan - mendiskusikan]. Penyedia konten Web juga dimanipulasi sejumlah atribut dalam sumber HTML halaman dalam upaya untuk peringkat baik di mesin pencari.
Sumber: Wikipedia.org

Dasar-dasar SEO

Dasar ini merupakan fondasi agar situs Anda dapat menaklukkan kompetitor-kompetitor di halaman pencarian Google. Seperti yang telah penulis jabarkan sebelumnya, Google menilai situs web dari 200 lebih faktor SEO, namun hal tersebut tidak semuanya mesti kita ketahui. Berikut dasar-dasar SEO yang wajib untuk Anda ketahui:

1. On page SEO

Sesuai namanya, on page SEO adalah teknik yang dilakukan di dalam situs itu sendiri. Dengan kata lain, on page SEO merupakan suatu usaha dalam tujuan mendapat peringkat terbaik yang diaplikasikan pada halaman situs itu sendiri tanpa ada sangkut paut dari kegiatan eksternal.

On page SEO meliputi sebagai berikut:
  • Tag judul
  • Deskripsi meta
  • Tautan permanen
  • Heading h1 h2 h3
  • Tautan internal
  • Tautan eksternal
  • Membuat artikel yang bermanfaat bagi pengunjung.

Mari kita kupas satu persatu...

1. Tag judul

Tag judul atau yang akrab dikenal title tag bisa dibilang merupakan elemen terpenting yang wajib ada di setiap situs web. Title tag merupakan judul suatu postingan. Postingan yang tidak memiliki title tag akan sangat sulit untuk masuk ke halaman pencarian Google, hampir mustahil. Layaknya seseorang yang tidak memiliki nama, apakah ia dapat tercatat di daftar absensi? Tentu tidak.

Contoh title tag:

  • INDOTIPSTRICKS.NET - judul blog
  • Cara Menerapkan On Page SEO dengan Mudah - judul postingan


2. Deskripsi meta

Elemen ini juga tidak kalah pentingnya dengan title tag, deskripsi meta atau meta desciption adalah keterangan dari postingan yang kita buat. Deskripsi meta ini akan tampil di mesin pencari, jadi buatlah konten yang relevan dan menggoda agar peluang klik di halaman pencarian mesin pencari semakin besar.

Contoh penggunaan deskripsi meta:
  • Situs yang membahas lengkap informasi berita terbaru, Gaya Hidup, Tutorial, Teknologi, SEO, dan tips serta trik untuk keseharian Anda. - deskripsi blog
  • Bagi kamu yang belum memiliki PSP,  kamu dapat menggunakan cara ini untuk bermain game-game PSP di komputer. - deskripsi postingan
Contoh pemanfaatan deskripsi meta di mesin pencari Google
Contoh pemanfaatan deskripsi meta di mesin pencari Google
Untuk dapat menggunakan fitur deskripsi meta di Blogger, silakan kunjungi postingan berikut; Cara Menggunakan Meta Description di Blogger

3. Tautan permanen dari suatu halaman

URL merupakan singkatan dari uniform resource locator. Intinya, tautan permanen berfungsi untuk memberi tahu lokasi atau alamat suatu halaman situs. URL permanen juga cukup berpengaruh terhadap peringkat kita di Google. Berikut contoh URL yang SEO dan kurang SEO:

http://www.indotipstricks.net/2015/06/apa-itu-seo-pengertian-dan-penjelasan-seo.html https://www.maxmanroe.com/cara-memotong-video-menggunakan-vlc-media-player.html
http://CONTOHURL.com/12321425/988hgkmvlf/sintahslc


4. Heading h1, h2, dan h3

Ini juga faktor yang teramat penting. Heading merupakan sekumpulan kata yang dibuat untuk sub judul dan minor judul.

Pada hakikatnya, HTML menyediakan 6 tingkatan untuk heading, yakni h1, h2, h3, h4, h5, dan h6. Tetapi yang perlu dimasukkan ke dalam postingan hanya h1 sampai dengan h3 saja, yang lainnya bisa Anda gunakan untuk widget dan script-script tertentu.

5. Tautan internal

Tautan internal adalah suatu kegiatan meninggalkan tautan di suatu postingan ke postingan lainnya dalam situs itu sendiri. Dengan begitu, postingan yang dikaitkan akan menerima nilai positif dan postingan tersebut (yang ditautkan) berpotensi untuk memperoleh peringkat yang lebih baik di halaman pencarian Google.

6. Tautan eksternal

Selain tautan internal, ada juga tautan eksternal yang juga tak kalah penting. Berbeda dengan tautan internal, tautan ekternal adalah tautan yang menuju ke situs lain. Intinya, jangan hanya mengutip tautan internal, kutip juga tautan eksternal dengan sifat dofollow.

7. Membuat konten yang bermanfaat

Membuat konten yang bermanfaat merupakan faktor kecil SEO, namun terkadang merupakan faktor yang penting. Jangan hanya membuat artikel yang SEO, namun Anda juga harus membuat artikel yang bermanfaat bagi pegunjung yang membaca konten Anda.

Selain itu, membuat artikel yang berkualitas dan bermanfaat dapat membuat pengunjung tertarik dan pada akhirnya mengunjungi situs web Anda kembali. Dan kalau sudah menjadi favorit, bisa jadi situs web Anda di-bookmark dan disebarluaskan ke berbagai media sosial.

2. Off page SEO

SEO off page merupakan kebalikkan dari SEO on page, kalau SEO on page di dalam situs itu sendiri, kalau di SEO off page di luar situs tersebut. Suatu situs web yang ingin memiliki reputasi bagus SEO on page saja tidak cukup, kita perlu mencarinya di luar untuk mengoptimasi situs kita menjadi lebih baik. Beberapa elemen penting yang wajib Anda terapkan antara lain:
  • Share artikel yang telah dibuat ke social media.
  • Backlink atau link building
  • Melakukan Blog Walking.

Baca juga: Cara Agar Postingan Blog Cepat Terindex Google

1. Share artikel ke sosial media

Walau biasanya sosial media memberikan atribut nofollow pada link, tapi tetap akan dihitung oleh Google. Terlebih lagi, kita bisa mendapatkan kunjungan dari sosial media tersebut dari artikel yang kita share. Sosial media yang terkenal dan populer antara lain: Facebook, Google+, Twitter, Linkedin, dan lain-lain.

Selain membuat situs semakin SEO, share ke sosial media yang terkenal dapat mendatangkan pengunjung sehingga trafik situs web Anda meningkat.

Saya sarankan Anda utamakan Google+. Selain mudah dindex dan partnernya mesin pencari Google, Google+ bisa membuat artikel di blog Anda meningkat pada halaman pencarian Google.

2. Backlink

Ini dia teknik SEO yang paling sulit dan paling ribet. Faktor ini sangat sangat penting untuk situs web Anda. Backlink merupakan suatu link yang menuju sebuah situs web. Backlink dibagi 2 jenis, yaitu backlink natural dan manual. Backlink natural adalah tautan yang didapatkan secara murni alias dibuat oleh orang lain. Sedangkan backlink manual adalah tautan yang dibuat sendiri. Backlink manual bisa didapat dari guest posting, komentar, forum signature, dan lain-lain.

Saat ini, hampir sembilan puluh persen SEO di dunia fokus terhadap backlink yang ditanamkannya, bukan jumlah pada backlink itu sendiri. Backlink yang berkualitas dapat membuat situs web mengangkat ke halaman pertama di pencarian Google, Bing, Yahoo!, dan mesin pencari lainnya.

Untuk Anda yang minim pengetahuan mengenai backlink dan cara menanamkannya, dapat membaca artikel kami di bawah ini.

Baca juga: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

 

3. Blog walking

Blog walking atau akrab disingkat menjadi BW adalah cara alternatif melakukan SEO off page. BW adalah suatu kegiatan saling mengunjungi antar situs web/ blog untuk mendapatkan pengunjung masing-masing.

Blog walking selain dapat meningkatkan pengunjung, Anda juga berpotensi mendapatkan backlink karena bisa saja pengunjung Anda membagikan artikel yang Anda buat di blog Anda di berbagai sosial media.

Rangkuman

  • Search engine optimization atau SEO adalah teknik yang mempelajari tentang cara menaikkan ranking di halaman pencarian mesin telusur. Istilah SEO dikenal pada tahun 2007.
  • SEO dibagi menjadi dua, yakni SEO off-page dan on-page. Tiga cara mudah untuk melakukan teknik SEO off-page yakni denga blog walking, share konten ke media sosial, dan membuat backlink berkualitas. Sedangkan optimasi on-page terdiri dari title tag (judul suatu postingan), meta tag, URL halaman, heading tag, internal linking, dan membuat postingan yang bermanfaat.
  • Manfaat melakukan SEO antara lain: menambahkan pengunjung blog atau website, meningkatkan penjualan, membuat blog atau website terlihat lebih profesional, dan membuat website atau blog menjadi lebih dipercaya.