Minggu, 30 Oktober 2011

Menyelesaikan Masalah Mozilla Firefox Dengan Safe Mode

Safe mode merupakan salah satu fitur sistem operasi windows yang digunakan apabila windows yang anda gunakan mengalami masalah dan tidak berjalan dengan normal. Menurut kang topjer safe mode adalah versi mini dari sistem operasi yang menonaktifkan sebagian besar fungsi dan fitur untuk mempermudah memperbaiki kerusakan yang sedang dialami. Menjalankan safe mode pada browser mozilla firefox berguna untuk memperbaiki kerusakan firefox secara cepat.

Tahukah anda bahwa mozilla firefox memiliki fitur Safe Mode? Atau mungkin baru kali ini anda mendengar fitur Safe Mode pada browser mozilla firefox?

Fungsi utama safe mode pada mozilla firefox adalah untuk memperbaiki masalah yang dialami addons, tema, toolbar atau configurasi firefox dengan menonaktifkan dan mengubahnya secara permanen.
Menyelesaikan Masalah Mozilla Firefox Safe Mode

Tampilan menu safe mode mozilla firefox

Safe mode tidak perlu dijalankan apabila firefox yang anda gunakan tidak mengalami masalah dan berjalan dengan normal. Fitur safe mode ini akan sangat berguna apabila browser mozilla yang sedang anda gunakan mengalami crash dan tidak diketahui sebab alasannya.
Crash yang dialami firefox dapat ditangani dengan mengakses safe mode firefox dan kemudian mengembalikan setingan configurasi firefox ke kondisi awal (default).

Cara membuka dan menjalankan fitur safe mode mozilla firefox

  • Sistem Operasi Windows
  • Pada umumnya safe mode dapat ditemukan dalam folder instalasi Mozilla Firefox pada Start Menu > All Programs namun bila tidak ditemukan maka dapat diakses melalui Start > Run > ketikan firefox -safe-mode > Enter
  • Sistem Operasi Mac OS X
  • Buka Utilities (pada folder Applications), buka console (Terminal) dan jalankan: Applications/Firefox.app/Contents/MacOS/firefox -safe-mode
  • Linux
  • Pada Linux, buka dan jalankan Terminal : /path/to/firefox/firefox -safe-mode

Opsi yang disediakan safe mode Mozill FireFox

  1. Disable all add-ons
  2. Menonaktifkan secara permanen semua tema, plugins dan extensions.
  3. Reset toolbars and controls
  4. Mengembalikan toolbar yang sudah diedit ke kondisi semula.
  5. Reset bookmarks to Firefox defaults
  6. Mengganti semua bookmarks yang sudah dibuat dengan bookmarks default firefox.
  7. Reset all user preferences to Firefox defaults
  8. Mengembalikan setingan firefox ke setingan awal seperti waktu pertama menginstal.
  9. Restore default search engines
  10. Mengembalikan search engine yang pernah dihapus tanpa meghapus search engin yang sudah anda tambahkan.

Setelah memilih opsi sesuai kebutuhan dan permasalahan yang dialami mozilla firefox yang anda gunakan maka ada 2 opsi selanjutnya :
  1. Make Changes and Restart
  2. Restarts Firefox kembali ke normal mode dan menyimpan perubahan yang di buat
  3. Continue in Safe Mode
  4. Menjalankan Firefox dalam kondisi Safe Mode dan tidak menyimpan perubahan yang sudah dipilih sebelumnya.

Sebelum anda mengggunakan fitur Safe Mode mozilla firefox, alangkah baiknya bila anda melakukan Backup data-data yang tersimpan dalam browser mozilla firefox. Backup data firefox dapat dilakukan dengan Addons FEBE ataupu dengan aplikasi FavBackup untuk mempermudah proses restore data-data yang sudah tersimpan dalam browser firefox.

Tidak banyak orang yang mengetahui fitur safe mode ini, dengan menggunakan safe mode maka tidak perlu melakukan instal ulang mozilla firefox yang digunakan apabila suatu waktu firefox yang anda gunakan mengalami permasalahan seperti crash atau ingin merubah setingan config ke kondisi awal atau default.