Jumat, 10 Agustus 2012

Mengurangi Pemakaian CPU Komputer Dengan Tweak Firefox

Central Processing Unit (CPU) merupakan otak bagi komputer dan bila otak tersebut mengalami kelebihan, keseluruhan kinerja komputer akan terganggu. Untuk mengurangi pemakaian CPU oleh Mozilla Firefox, dibutuhkan tweak khusus agar CPU tidak mengalami kelebihan penggunaan. Firefox akan menggunakan lebih banyak CPU resources setiap kali anda melakukan download, membuka halaman web dan lainnya. Tweak firefox ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan CPU setiap kali anda melakukan aktivitas bowsing dan download di internet.

Dengan tidak mengesampingkan aplikasi lain yang sedang berjalan, mozilla firefox memang menggunakan lebih banyak resource CPU dibandingkan internet browser lainnya seperti Google chrome, Opera atau Flock.
Mengurangi Pemakaian CPU Komputer

Penggunaan CPU komputer yang berlebihan karena Mozilla Firefox

Apalagi untuk komputer dengan Low-end spec atau spesifikasi hardware pas-pasan tentu tweak firefox kali ini akan sangat berguna dampaknya.

DISABLE EXTENSIONS DAN THEMES

Penggunaan ekstensi dan tema secara berlebihan dapat menyebabkan pemakaian CPU meningkat secara drastis. Efek samping yang ditimbulkan tentunya sudah tidak asing lagi yaitu kinerja komputer menjadi lambat.
Alangkah baiknya jika anda melakukan langkah uninstall extensions dan themes firefox yang dirasa tidak perlu.

Cara lainnya adalah dengan menonaktifkan sementara extensions dan themes tanpa melakukan unistall. Untuk mendisable atau menonaktifkan sementara extensions dan themes yang sudah tertanam dalam mozilla firefox, anda dapat menggunakan fitur Safe mode firefox.
Bagi anda yang belum mengerti cara menggunakan fitur safe mode firefox, silahkan meluncur ke artikel Menyelesaikan Masalah Mozilla Firefox Dengan Safe Mode.

Apabila anda memilih opsi Disable all add-ons kemudian Make Changes and Restart, maka Mozilla firefox akan berjalan kembali (restart) tanpa extensions, themes dan plugins karena sudah di disable sebelumnya.

Sedangkan untuk mengaktifkan kembali extensions, themes dan plugins yang sudah di disable, anda cukup mengaktifkan satu per satu melalui Add-ons Manager yang letaknya ada pada menu Tools - Add-ons.
Mengurangi Pemakaian CPU Komputer

Tampilan fitur safe mode pada mozilla firefox

MENYEMBUNYIKAN IKLAN, FLASH DAN GAMBAR

Dengan menyembunyikan konten website yang tidak anda butuhkan saat melakukan browsing, akan sangat membantu dalam mengurangi pemakaian CPU komputer. Konten website seperti iklan, flash dan gambar tentunya tidak anda butuhkan seluruhnya.
Selain dapat mengurangi penggunaan CPU, langkah ini juga terbukti ampuh untuk mempercepat koneksi internet firefox. Ada banyak add-ons firefox yang mampu menyembunyikan kontent-kontent tersebut, lihat artikel Mempercepat Internet Mozilla Dengan Add-ons untuk keterangan lebih lanjut.

DISABLE PEMAKAIAN PLUGINS

Seperti halnya extensions dan themes, plugin yang sudah terinstal dalam mozilla firefox juga berpengaruh terhadap CPU usage. Untuk menonaktifkan plugin firefox, caranya seperti ini :
  1. Klik tombol Firefox yang ada di pojok kiri atas (menu Tools pada Windows XP) pilih Add-ons
  2. Pada halaman Add-ons pilih menu Plugin
  3. Pilih plugin yang akan dinonaktifkan kemudian klik Disable
  4. Restart firefox dan lihat perbedaannya
Disable semua plugin yang dirasa tidak perlu dan tidak usah khawatir karena anda dapat mengaktifkan kembali dengan cara yang sama bila plugin tersebut ternyata diperlukan.

ENABLE FLASH HARDWARE ACCELERATION

Langkah ini dimaksudkan untuk memaksimalkan akselarasi hardware komputer dalam memainkan kontent video yang terdapat pada website.
  1. Klik kanan pada kontent video yang tampil dalam halaman website, pilih setting dan akan terbuka menu Adobe Flash Player Settings.
  2. Klik icon pada kiri bawah menu Adobe Flash Player Settings
  3. Klik dan pilih Enable hardware acceleration
  4. Kemudian close menu Adobe Flash Player Settings

Selain mengurangi pekamaian CPU komputer, mozilla firefox akan lebih 'bersahabat' apabila anda juga melakukan tweaking pemakaian RAM komputer. Cara ini akan meminimalisir penggunaan RAM komputer sehingga sistem dapat berjalan lancar tanpa hambatan.