Selasa, 30 April 2013

Ada 10 Cara Mudah Memilih Modem USB Terbaik

Cara memilih modem terbaik untuk berlangganan paket data harus mempertimbangkan berbagai kriteria seperti harga, kecepatan maksimal dan fitur tambahan. Modem USB yang baik hendaknya tahan lama serta mudah dioperasikan oleh pemiliknya. Anda juga perlu memperhatikan jenis-jenisnya yaitu CDMA atau GSM.

cara memilih modem

10 tipa memilih modem USB terbaik GSM maupun CDMA


Sebelum Memilih Modem USB

Ada dua jenis modem usb berdasarkan teknologi jaringan yang digunakan yaitu GSM dan CDMA. Untuk modem GSM hanya bisa digunakan dengan operator GSM seperti Telkomsel, Axis, 3, Indosat dan XL. Sedangkan operator jaringan CDMA contohnya smartfren, flexi, star one dan esia.

Jangan sampai anda salah memilih jenis modem yang tidak sesuai dengan operator jaringan paket internet yang akan anda gunakan.

Bagaimana Cara Memilih Modem CDMA Dan GSM Terbaik?

  • Langkah pertama adalah memilih jenis modem yang akan anda gunakan untuk berlangganan paket internet, jaringan GSM atau CDMA.
  • Kemudian lakukan riset jaringan provider yang sudah anda pilih. Anda harus memastikan sinyal provider jaringan GSM maupun CDMA tersedia di wilayah anda.
  • Perhatikan kecepatan maksimal yang dapat dicapai modem tersebut, pilih HSDPA untuk GSM dan EVDO untuk CDMA.
  • Sesuaikan dengan budget yang sudah anda siapkan, umumnya harga modem built-in (bawaan) lebih murah dari modem semua kartu. Misalnya modem khusus flexi atau smartfren lebih murah dibandingkan modem Prolink atau ZTE.
  • Pilih modem yang ber merk seperti Huawei, Siera, Prolink atau merk terkenal lainnya jika anda memilih modem semua kartu (non built-in).
  • Pilih USB modem yang memiliki fitur lengkap untuk SMS dan telepon
  • Pastikan modem yang akan anda beli dapat digunakan oleh semua sistem operasi (Windows, Mac OS, Linux) atau paling tidak operating sistem komputer yang anda gunakan
  • Untuk kemudahan, pilihlah modem plug and play yang artinya anda tidak perlu menginstal driver modem usb secara manual.
  • Bertanya pada teman atau orang lain yang pernah menggunakan jenis modem yang akan anda beli.
  • Perhatikan garansi karena tidak semua produk yang dikeluarkan pabrik merupakan modem sempura. Bisa saja anda mendapatkan usb modem cacat atau rusak

Bonus Tips

Setelah membeli modem yang anda pilih, simpan dus box dan kwitansi pembayaran untuk berjaga-jaga apabila modem USB rusak dan anda dapat mengklaim garansi. Jangan mudah tergiur bonus paket data yang ditawarkan modem built-in dan pilih paket internet murah dengan kuota unlimited.