Senin, 01 April 2013

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk SEO Blog

Membangun dan mendapatkan backlink berkualitas dengan cara yang benar adalah faktor penting untuk membuat blog muncul di halaman pertama mesin pencari. Beragam cara dilakukan pemilik blog untuk memperoleh tautan (link) yang menuju situs blog miliknya. Tujuan utama jelas : mendapatkan rangking tinggi di search engine google, bing maupun yahoo.

Cara mendapat backlink berkualitas

Untuk mendapatkan backlink berkualitas (bukan spam backlink) dengan cara lama (tradisional) maupun cara baru tanpa melanggar aturan google sebagai mesin pencari terbesar saat ini.

Apa Itu Backlink?

Pengertian backlink adalah tautan (link) dari suatu website yang menuju ke website lain. Jadi intinya, setiap link yang menuju blog anda adalah backlink. Baik dengan atribut nofollow ataupun dofollow.
  1. One way backlink
  2. Backlink satu arah yang menuju ke situs lain. Misalkan backlink dari komentar, social bookmark dan situs-situs lainnya tanpa memberikan link back ke situs tersebut.
  3. Two way backlink
  4. Tautan (link) yang saling mengarah antara dua situs yang berbeda. Contohnya tukar link (link exchange) antara blog satu dengan blog lain
  5. Multi way backlink
  6. Backlink jenis ini terdiri dari 3 situs atau lebih yang saling memberi link antara satu dan lainnya.

Cara Mendapat Backlink Berkualitas Untuk SEO Blog

1. Komentar Blog
Cara lama yang masih berlaku dan ampuh untuk membangun backlik secara gratis – komentar blog. Hampir semua blogger termasuk kang topjer yang masih menggunakan blog comments untuk mendatangkan one way backlink.

Banyak blogger yang menyarankan untuk menggunakan nama blog atau judul postingan pada kolom nama dalam form komentar. SALAH! Jika anda ingin mendapat backlink dari berkomentar di blog yang berkualitas, gunakan nama asli! Jangan menggunakan judul blog atau judul posting.

Selain untuk membangun persahabatan antar blogger, berkomentar dengan nama asli akan memastikan komentar anda di approve oleh pemilik blog.

komentar yang dianggap spam

Tuliskan komentar berkualitas agar di approve oleh pemilik blog


Cara ini hanya berlaku untuk blog yang menggunakan moderasi komentar. Bagaimana dengan blog yang menggunakan auto approve comment? Apa harus menggunakan nama asli juga? Terserah anda, lihat judul artikel ini : 'Mendapatkan backlink berkualitas' bukan spam backlink!

2. Situs Sosial Media
Hampir tidak ada blog yang tidak mencantumkan menu sharing artikel ke social media seperti google plus, facebook, dan twitter. Sudahkah anda memasang menu share ke social media pada artikel blog? Apa manfaat share artikel ke situs sosial media untuk SEO blog?

Fakta menunjukan, pemasangan menu share ke facebook, twitter dan google plus akan menambah berat loading blog saat diakses oleh pengunjung. Lalu kenapa masing dipasang?

backlink dari google plus

Sharing artikel blog untuk memperoleh backlink dari situs PR tinggi


Alasannya tidak lain adalah mendatangkan pengunjung blog dan mendapatkan backlink dari situs social media yang memiliki PR tinggi. Meskipun link mengandung atribut nofollow, backlink dari situs dengan Page rank tinggi tetap memiliki nilai plus.

3. Submit ke Social Bookmark
Berburu backlink dari social bookmark sites adalah cara lama yang baru-baru ini semakin populer dikalangan blogger. Selain mendapatkan backlink berkualitas, mengirimkan artikel blog ke situs social bookmark terbukti ampuh mempercepat proses index artikel oleh mesin pencari.

Bagaimana cara submit artikel ke situs social bookmarking yang benar?
  1. Gunakan judul artikel yang yang menarik perhatian
  2. Pilih gambar yang berkaitan dengan isi artikel
  3. Tulis deskripsi yang unik dan mengundang rasa ingin tahu
  4. Pastikan menyertakan tag / katagori sebelum artikel dikirimkan
  5. Pilih situs social bookmark yang berkualitas dan memiliki traffic tinggi

Contoh situs social bookmarking yang sering digunakan kang topjer untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah www.lintas.me dan www.stumbleupon.com

Untuk saat ini, kopianget.com hanya menggunakan 2 situs sosbok di atas untuk submit artikel baru. Alsannya adalah kualitas traffic dan PR yang tinggi. Jika anda memiliki situs social bookmark andalan untuk membangun backlink, silahkan rekomendasikan pada kolom komentar.