Jumat, 26 Februari 2016

Cara mudah install windows 7 dengan flashdisk no software

Spesial-droid.com - Selamat malam malem teman, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai install windows 7 dengan flashdisk tanpa menggunakan software. Pada dasarnya flashdisk juga dapat digunakan sebagai pengganti DVD untuk membuat bootable Windows 7. 

Turorial ini mungkin sangat berguna bagi kalian untuk mengatasi kebutuhan ketika tidak mempunyai DVD-Rom namun hanya mempunyai flashdisk sebagai penggati DVD-Rom. Sebelum kalian melakukan mengikuti tutorial ini ada baiknya kalian mengetahui apasih yang disebut dengan Bootable berikut ini penjelasan bootable.

Cara mudah install windows 7 dengan flashdisk no software

Bootable

Bootable merupakan salah satu fasilitas yang ada pada sistem operasi, dimana dapat ditempatkan pada media penyimpanan berupa CD, DVD-Rom, Flashdisk atau media penyimpanan lainnya. Mengapa kok dinamakan dengan bootable? Hal ini dikarenakan sistem operasi pertama kali akan melalui first boot menggunakan sebuah media penyimpanan.

Booting yang dilakukan pada sistem operasi harus melalui tahapan-tahapan yang benar, contohnya saat kita akan mengatur pengaturan pada BIOS. Pada BIOS ini biasanya terdapat media yang harus ditentukan yang akan digunakan nantinya, apakah itu Flashdisk, CD, DVD-Rom, Harddisk atau media penyimpanan lainnya.

Persiapan

  • Flashdisk dengan minimal size 4 GB
  • File Windows 7, 8 atau operation sistem yang terbaru Windows 10

Langkah-Langkah 

Steep 1 - Colokkan flashdisk yang masih kosong karena nantinya akan dijadikan bootable flash disk.

Steep 2 - Buka Command Prompt caranya klik [Start] dan ketikan [CMD] dalam jendela pencarian kemudian tekan [Enter]. Atau bisa dengan cara : Start >All programs>Accessories> klik kanan pada Command Prompt dan pilih [run as administrator].

Steep 3 - Pada jendela Command Prompt ketikan : DISKPART kemudian klik [Enter],

Steep 4 - Kemudian ketikan : LIST DISK lalu klik [Enter].

Steep 5 - Ketikkan : SELECT DISK 1 lalu klik [Enter], (nomor 1 adalah sesuai nomor flash disk kalian )

Steep 6 - Ketikkan : CLEAN lalu klik [Enter],

Steep 7 - Ketikan : CREATE PARTITION PRIMARY lalu klik [Enter],

Steep 8 - Ketikan : SELECT PARTITION 1 lalu klik [Enter],

Steep 9 - Ketikan : ACTIVE lalu klik [Enter],

Steep 10 - Ketikan : FORMAT FS=FAT32 lalu klik [Enter], (Tunggu hingga proses selesai)



Steep 11 - Ketikan : ASSIGN lalu klik [Enter],

Steep 12 - Ketikan : EXIT lalu klik [Enter]

Note : Jika icon pada flashdisk sudah berubah, berarti kalian telah berhasil membuat bootable dengan flashdisk. Pada saat peng-installan Windows via flashdisk, kalian hanya mengubah primary boot device pada BIOS notebook anda

Terimakasih telah membaca artikel ini mengenai "Cara mudah install windows 7 dengan flashdisk no software" , semoga tutorial ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kalian semua.