Rabu, 20 Maret 2013

3 Cara Mudah Membuat Komputer Lama Serasa Baru Lagi

Jika komputer yang sekarang anda gunakan sudah berumur 1 tahun atau lebih, muncul masalah startup lambat, kinerja sistem lemot dan komputer sering hang. Waktunya untuk membeli komputer baru? Tidak masalah bagi anda yang memiliki uang lebih dan mungkin sudah merencanakan membeli komputer pc dengan spek high end. Atau memilih memaksimalkan kinerja komputer lama?

Percaya atau tidak, masalah komputer yang muncul bukan berasal dari komputer itu sendiri – anda lah yang membiarkan komputer tersebut bermasalah.

Hapus Program Yang Tidak Perlu

Kapan terakhir kali anda memeriksa program-program yang terinstal di komputer? Apakah anda menggunakan semua program tersebut?

menghapus program komputer

Banyak pengguna komputer yang tidak tahu bahwa ada program komputer yang berjalan saat startup/booting. Efeknya, startup memakan waktu sangat lama karena windows menjalankan program tersebut dan kinerja sistem komputer menjadi lambat karena ada program yang berjalan di background tanpa anda ketahui.

Pergi ke Control panel > Add or remove program dan uninstall program yang jarang anda gunakan.

Jika anda menginstal program antivirus lebih dari 1, pastikan salah satu antivirus tersebut merupakan antivirus ringan agar tidak memberatkan sistem komputer.

Umumnya saat windows pertama kali di install sudah disertakan program antivirus, jika kemudian anda menginstal lagi dan lagi tanpa menyadari jumlah antivirus yang sudah terinstal maka, akan muncul masalah lain seperti komputer hang, restart sendiri dan blue screen.

Pertimbangkan Update Windows

Jika anda membeli lisensi windows dan menginstal di komputer, ada baiknya komputer selalu update windows secara otomatis. Selain memperbaiki bug windows, cara ini dapat menjadikan komputer selau baru dari segi driver dan komponen lain.

aktifkan update otomatis

Kekurangan mengaktifkan fitur update otomatis ini adalah bandwidth internet yang berkurang. Efeknya akan terasa bagi pengguna internet dengan kecepatan pas-pasan karena setiap komputer tehubung dengan jaringan internet akan mendownload update dari windows tanpa anda sadari.

Aktifkan fitur automatic update hanya jika koneksi internet yang anda gunakan tergolong cepat dan lisensi windows yang anda install adalah genuine (original).

Bersihkan File-File Sampah

Kapan terakhir kali anda membersihkan history files, log files, temp files, recently stored files dll? Apa anda pikir file-file tersebut akan hilang dengan sendirinya tanpa dibersihkan?

software ccleaner

Gunakan program bawaan windows untuk membersihkan dan mengatur ulang file-file yang tersimpan dalam hard disk komputer. Langkah ini dapat menambah kapasitas hard disk karena file –file tersebut dihapus dan dibuang secara permanen.

Pergi ke Start > Acessories > System tools > Disk cleanup dan Disk defragmenter atau anda dapat menggunakan software pembersih seperti CCleaner.

Selanjutnya perhatikan internet browser yang biasa anda gunakan, hapus plugins, toolbars, dan extensions yang terinstal dan mungkin jarang anda gunakan.

Bonus Tips

Upgrade RAM merupakan alternatif lain untuk membuat komputer lama anda dapat bekerja lebih maksimal. Itu pun jika anda memiliki budget tambahan.

Perawatan komputer harus dilakukan secara teratur dengan cara menjaga, membersihkan dan meng- update komponen hardware maupun software. Jangan salahkan komputer jika muncul masalah kecepatan maupun kinerja sistem, anda sendiri yang membiarkan komputer tersebut bermasalah.