Rabu, 08 Mei 2013

Sudah Amankah Akun Facebook Anda Dari Serangan Hacker?

Sampai saat ini facebook masih menjadi situs jejaring sosial terbesar di dunia. Hampir semua orang memiliki akun facebook namun sayangnya, tidak semua pengguna social network menyadari pentingnya keamanan data login akun mereka. Seringnya terjadi pembobolan oleh hacker adalah salah satu bukti kesadaran pengguna jejaring sosial masih rendah dan cenderung menyepelekan aspek keamanan facebook account.

cara mengamankan akun facebook

Image courtesy of nongpimmy / FreeDigitalPhotos.net


Umumnya, orang membobol akun facebook agar bisa mendapatkan akses penuh dan kemudian menyalahgunakan akun korban untuk kepentingan pribadi.

Satu hal yang harus anda perhatikan : Hacker hanya dapat membobol facebook account jika anda melakukan kesalahan. Jadi, kejahatan bukan terjadi hanya karena ada niat pelaku, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah!

Bagaimana Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Hacker?


1. AKTIFKAN FITUR JELAJAH AMAN - SECURE BROWSING
Menggunakan protokol HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) saat anda memakai facebook baik sebelum maupun sesudah login akan meningkatkan level keamanan akun FB anda.

Klik ikon setting pada pojok kanan atas, pilih Pengaturan akun kemudian lihat daftar menu kiri dan pilih Keamanan. Klik Jelajah Aman selanjutnya Simpan perubahan.

secure browsing facebook

2. HATI-HATI FACEBOOK PALSU - PHISHING PAGE
Pernah menerima pemberitahuan lewat email atau sms yang mengatasnamakan facebook? Dalam pesan pemberitahuan tersebut biasanya tercantum alamat situs yang mirip facebook.com dan anda diminta untuk memasukkan data login akun.

Pembuat situs web palsu biasanya menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan akun login facebook anda. Mulai dari tampilan website yang mirip sampai iming-iming mendapatkan hadiah.

Anda juga bisa melaporkan email phishing melalui halaman ini jika anda merasa dirugikan atau sekedar ingin memberikan informasi pada pihak facebook.

3. GUNAKAN KATA SANDI ANTI BOBOL - STRONG PASSWORD
Pemilihan kata sandi yang tidak mudah dibobol orang lain sebenarnya mudah saja, anda tinggal mengikuti peraturan berikut ini :

  • Minimal jumlah huruf adalah 8, mengandung huruf BESAR, huruf kecil dan Simbol
  • Jangan memakai angka atau huruf yang berurutan seperti 123456 dan asdfghjkl
  • Bukan nomor handphone, tanggal lahir atau nama orang terdekat anda
  • Menggunakan kata sandi unik dan berbeda untuk setiap akun login

Ganti kata sandi facebook anda secara berkala minimal 1 bulan sekali, kunjungi situs www.passwordmeter.com untuk melihat seberapa kuat kata sandi yang baru anda buat.

cek kekuatan password

4. TAMBAHKAN LAGI ALAMAT EMAIL BARU - MULTIPLE EMAIL
Saat pertama kali anda mendaftar facebook, anda diminta untuk melakukan konfirmasi alamat email. Caranya mudah saja, ada tinggal klik link yang dikirimkan facebook ke inbox email anda.

Namun jika anda ingin mengamankan akun facebook dari hacker, anda harus menambahkan alamat email baru.

Ini berguna saat akun anda sudah berhasil dibobol oleh orang lain dan parahnya lagi, karena kata sandi facebook dan akun email sama maka akun email pun ikut menjadi korban pembobolan.

Dengan memiliki lebih dari 1 alamat email di akun facebook, anda dapat memulihkan akun facebook yang sudah di hack tanpa mengalami kesulitan.

Klik ikon pengaturan pada pojok kanan atas, pilih Pengaturan akun kemudian lihat daftar menu kiri dan pilih Umum. Klik Email selanjutnya Tambahkan email lain, jangan lupa untuk mengkonfirmasi alamat email yang baru ditambahkan.

tambah email fb

5. AKTIFKAN FITUR TEMAN TERPERCAYA - TRUSTED CONTACTS
Facebook resmi memperkenalkan fitur keamanan baru yaitu Trusted Contacts atau 'teman terpercaya' pada tanggal 2 mei 2013 kemarin, lihat detailnya di sini.

Fitur ini berfungsi untuk membantu pengguna facebook yang lupa kata sandi atau akun login yang sudah dibobol oleh orang lain. Nantinya, teman yang anda daftarkan sebagai trusted contacts akan mendapat kode keamanan untuk membantu memulihkan akun facebook anda.