Sabtu, 25 Mei 2013

Tips Membeli Printer Bekas Dengan Kualitas Masih Bagus

Membeli printer bekas yang sudah pernah digunakan orang lain harus lah berhati-hati. Tidak seperti mencari printer bagus yang masih baru, beli printer bekas beresiko merugikan anda selaku calon pembeli. Bisa saja si penjual menyembunyikan kekurangan printer second miliknya dengan memberikan harga murah. Berikut 5 tips sebelum anda beli printer bekas.

tips beli printer bekas

Image courtesy of Keerati / FreeDigitalPhotos.net


Dalam dunia jual beli printer bekas, anda tidak boleh mengesampingkan kinerja printer yang anda incar. Tentunya anda tidak ingin tertipu dengan casing printer yang masih bagus namun kemampuan cetak printer sudah tidak bisa diandalkan.

Jika anda berniat membeli printer di situs jual beli online, anda tentu tidak bisa mencoba sendiri kualitas cetak printer tersebut. Anda hanya bisa membaca deskripsi singkat printer yang ditulis si penjual.

Alangkah baiknya anda menghubungi si penjual printer bekas secara langsung untuk menanyakan kondisi printer secara lebih rinci. Bisa melalui nomor telepon atau alamat email yang disertakan.

Lain halnya jika si penjual printer adalah orang yang anda kenal misalnya teman, saudara atau tetangga. Anda bisa melihat dan mencoba printer secara langsung tanpa perlu was-was ditipu orang tersebut.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Printer Bekas

  • Kualitas cetak printer
    Anda harus memahami kualitas cetak printer bekas tentu berbeda dengan printer baru beli. Tapi paling tidak, hasil cetak printer bekas yang anda incar masih jelas komposisi kecerahan warnanya artinya tidak buram atau samar.
  • Kecepatan cetak
    Jika printer tersebut masih dalam kondisi prima, kecepatan cetak dokumen biasa tidak akan memakan waktu lebih dari 5 menit.
  • Tanyakan garansi
    Untuk printer yang sudah dipakai bertahun-tahun, tentunya garansi sudah tidak berlaku. Apa lagi bila printer sudah dimodifikasi mesinnya, misalnya dibuat sistem tinta infus tentu garansi printer sudah hilang.
  • Pernah diperbaiki?
    Apabila printer pernah diperbaiki tentunya sudah pernah mengalami kerusakan. Tanyakan apakah kerusakan tersebut parah atau tidak. Tanyakan juga apakah mesin dan cartridge masih original?
  • Survey harga
    Selanjutnya, jika anda sudah yakin dengan hal teknis dan siap beli printer bekas, lakukan survey harga printer terbaru. Anda dapat browsing di internet dengan menggunakan kata kunci "harga printer bekas terbaru" dan perhatikan tanggal terbit artikel tersebut.
    Jangan sampai anda membuka referensi situs web yang menerbitkan artikel tersebut tahun lalu atau 6 bulan yang lalu, pastikan yang terbaru.

Bagi anda yang memiliki budget terbatas, membeli printer bekas merupakan pilihan bijaksana dibandingkan mencari uang tambahan untuk membeli printer baru. Meskipun dari segi harga lebih murah tidak berarti kualitas printer bekas pasti murahan.