Selasa, 12 November 2013

macam macam software komputer grafis


Saat ini di pasaran banyak terdapat bermacam macam software Komputer Grafis, yang sering di gnakan secara umum dapat di kelompokkan menjadi 5  kelompok, yaitu: Foftware pengolah tata letak atau layout, software pengolah vektor atau garis, software pengolah pixel/image, software pengolah animasi 2 dimensi/vidio, software pengolah animasi 3 dimensi.








  1. Software pengolah tata letak (layout)
    Sotware pengolah tata letak yang biaanya di gunakan untuk membuat publikasi buku atau majalah dengan jumlah halaman yang banyak, memiliki kemampuan pengaturan penempatan teks dan gambar, biasanya di lengkapi dengan fasilitas pengaturan format teks dan template yang lengkap. Software yang masuk dalam kelompok ini adalah Adobe pagemarker, Adobe FrameMaker, Adobe InDesign, Quark Xpress, Corel Ventura, Microsoft Word, dan microsoft publi-sher.


  2. Software pengolah vektor/garis

    Sofware ini di gunakan untuk mengolag gambar dalam bentuk garis dan urva sehingga sein di sebut sebagai software ilustrator. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah CorelDraw, Macromedia FreeHand, Adobe Ilustrator, MetaCreation Expression, dan micrografx designer.


  3. Software pengolah pixel/image
    Software ini biasanya di gunakan untuk memanipulasi gambar dan memperbaiki foto atau membuat lukisan digital. Sotware ang termasuk dalam kelompok ini adalah Adobe photoshop, Corel PhotoPaint, Microsoft photo editor, micro grafix picture publiser, dan metacreation painter .






  4. Software pengolah animasi 2 dimensi/vidio
    Software dalam kelompok ini banyak di gunakan untuk  plikasi 2 dimensi/vidio., seperti SOftware editing vidio, software efek khusu, software pengolah animasi dua dimensi, dan software pengolah 3 dimensi.
    * Software editing vidio
    yang termasuk sofware ini antara lain Adobe premiere, Ulead edia studio vegas idio,asymetrix digitar vidio producer, film editing, dan discreet adit.
    *Sofware efek khusus
    Yang termasuk dalam kategory software efek khusus adalah Aobe after effects, Discreet  logic effects, Avid media dan digital fussion. Software pengolah animasi 2 dimensi
    Yang termasuk software pengilah 2 dimensi yaitu Adobe flash,Softimage toonz, dan animo.
  5. Sotware pengolah animasi 3 dimensi
    Sotware semacam ini banyak di gunakan untuk mengolah model dan animasi 3 dimensi seperti di gunakan dalam pembuata vilman animasi 3 dimensi seperti star trex, baby ion V, Bug's life, Toy stoy dan jurassic park. sofware yang termasuk dalam kelompok ini adalah
    3D studio max, Lightwave, MAya, Ray Dream, Proser dan softimage


    Amir Fatah Sofyan
    Toni Hidayat