Kamis, 13 November 2014

Cara Mudah Rooting Moto G Via CMD | Android

Selamat malam Sahabat Droid, berhubung bayaknya pengguna Moto G yang ingin mencoba memodifikasi ponsel yang ia miliki langkah awal yang harus di lakukan yaitu proses Rooting di sini saya akan mencoba memberikan tutorial mengenai "Cara Mudah Rooting Moto G Via CMD | Android". Sebelum kita melakukan proses rooting baiknya silahkan baca artikel sebelumnya mengenai Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi pada Android dan Cara Menonaktifkan Iklan pada Aplikasi Android. Oke langsung saja kita bahas mengenai rooting dan fungsi rooting itu sendiri , yuk mari kita simak sedikit penjelasan mengenai Rooting. 

Mengenal Root

Pasti Sahabat Droid tidak asing lagi dengan kata Root, apalagi para pencinta Android atau Smartphone. Definisi root itu sendiri yaitu dimana suatu system account yang mempunyai kekuasaan penuh untuk mengakses serta mengeksekusi semua file, system, command dalam sistem operasi berbasis linux. Jadi Intinya root itu user mempunyai hak akses tanpa batas untuk mengedit, menghapus, memodifikasi, menambah semua yang ada didalam OS Smartphone kita.

Fungsi Root

Oke lanjut ke Fungsi root. Dari pengertian di atas saja sudah dapat di simpulkan bahwa fungsi root itu sendiri yaitu kita sebagai pengguna mempunyai akses sepenuhnya terhadap OS Android itu sendiri jadi kita di berikan kekuasaan sepenuhnya untuk mengedit, delete, update, add aplikasi yang kita inginkan bukan cuma itu saja  banyak keuntungan root salah satunya
  • Akses yang tak terbatas terhadap system Android
  • Instalasi aplikasi di memory card dan install aplikasi yang butuh root pastinya
  • Un-install aplikasi-aplikasi bawaan vendor
  • Backup App+System
  • Instalasi ROM custom
  • Akses terhadap file-file sistem Android secara penuh
  • Overclock processor yang secara keseluruhan meningkatkan performa (tapi membuat konsumsi baterai jadi lebih boros).
  • Booming saat ini untuk para pengguna android dibawah 4.0 dapat memakai bbm dengan mengganti costum rom dengan rooted terlebih dahulu androidnya

Langkah-lagkah Rooting Moto G 

Persiapan :

  • Download terlebih dahulu Update SuperSu bisa di download pada link di bawah ini
https://www.mediafire.com/?we80ro97c54f0ad


Proses Rooting :


  1. Setelah Sahabat Droid download Update SuperSu pada link di atas, silahkan copy pada memori exsternal dan letakkan di luar saja. 
  2. Buka folder CMD hasil ekstrak zip unlockBL, kemudian silahkan klik "runme cwm-recovery" kemudian matikan Smartphone Sahabat Droid. Tunggu hingga beberapa detik
  3. Kemudian, tekan dan tahan tombol vol bawah (-) dan colokkan kabel micro usb Moto G ke PC atau notebook.
  4. Setelah sukses, kemudian pilih recovery dengan menekan tombol vol bawah (-) sampai pada tulisan recovery, kemudian tekan tombol power yang ada di atas, sahabat droid akan di arahkan pada halaman cwm recovery touch.
  5. Pada tampilan CMW tersebut silahkan Sahabat Droid pilih install zip-choose from sdcard-0-lalu cari file yang sudah Sahabat Droid download dan Sahabat Droid letakkan pada memory exsternal (cd card) filenya bernama "update-SuperSU.zip". Ingat file ini berbentuk .zip
  6. Tunggu hingga proses selesai, jika sukses maka pada menu Smartphone akan terdapat menu SuperSu, dan saya ucapkan Selamat karena sekarang Sahabat Droid sudah dapat memofifikasi sesuai yang di inginkan.
Note : Resiko tanggung sendiri, pesan saya "Jangan Pernah Takut Salah dan Jangan Pernah Takut Untuk Mencoba Sesuatu yang Baru"
Demikianlah tutorial singkat mengenai "Cara Mudah Rooting Moto G Via CMD | Android" yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat dan dapat membatu Sahabat Droid semua. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung di situs sederhana ini.  Baca juga artikel-artikel menarik lainnya mengenai Android dari saya.